Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang berulang-ulang buang air besar yang sifatnya encer (cair). Ia sering pula disebut sebagai mencret atau dalam bahasa minang “mamboco”. Istilah diare berasal dari bahasa Yunani “diarrea” = mengalir melalui. Bila seseorang dihinggapi dan mendrita penyakit ini ia akan sering kali ke belakang (toilet) untuk membuang hajat yang sifatnya air dan tidak bisa ditahan-tahan. Penyakit diare seperti in banyak ditemukan di negara-negara yang kondisi hidup mereka masih miskin, sehingga mereka terpaksa makan apa saja, dan tidak teratur dan jenisnya juga tidak memenuhi syarat.

Namun bagi negara yang standar hidupnya sudah membaik dan sudah bisa menyediakan makanan yang cukup bergizi penyakit diare ini juga lenyap begitu saja. Salah satu cara yang perlu dicatat bahwa penyakit ini banyak diderita oleh anak-anak di bawah umur 5 tahun. Mereka lebih sering buang air besar yang cair ini yang biasanya lebih dari tiga kali dalam waktu 24 jam dengan kondisi cair.
Meskipun sering terjadi pada anak-anak, namun orang tuanya diliputi rasa cemas yang kepalang karena seringnya diare datang secara tiba-tiba.
Oleh sebab itu, orang tua harus memahami sedikit banyak apa penyebab dan upaya pencegahannya agar penyakit itu tidak datang menyerng sehingga orang yang mendekati si penderita jangan sampai hilang akal.

Menurut teori konvensional penyakit diare disebabkan oleh masuknya (invansi) kuman-kuman ke dalam usus yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Tapi penyebab utama dikarenakan virus (lebih dari 50 persen).
Dalam kondisi ini gerakan perlintasan usus meningkat tajam sehingga perlintasannya sangat di percepat dan masih mengandung bahan cair pada saat meninggalkan tubuh sebagai tinja.
Penyebab utama diare adalah bertumpuknya cairan didalam usus akibat terganggunya penyerapan air. Lebih dari 70 persen kasus diare yang disebabkan oleh virus, biasanya disertai dengan infeksi saluran pelepasan, karena itu anak-anak yang sedang dijangkiti diare diikuti oleh bakteri dan tenggorokannya merah serta telinga.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Diare Untuk Membantu Mengatasi Diare, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Diare Pada Anak and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>